Digimon World, Digi-destined Ones

22 Juli 2010


Digimon atau Digital Monster adalah semacam virtual pet monsters yang kurang lebih mirip seperti Pokemon. Digimon pertama sekali muncul pada tahun 1997 akhir, dimana pada saat itu Nintendo merajai dunia virtual pet dengan Pokemonnya. Berusaha menyaingi Pokemon, Bandai membuat Digimon dengan memakai konsep yang dimodifikasi.

Berbeda dengan Pokemon, Digimon pertama sekali diluncurkan dalam bentuk Tamagochi yaitu dengan nama Digital Monsters. Debut Digital Monsters ini sangat hebat sehingga Bandai membuat Digimon Pendulum, yang merupakan perkembangan dari Digital Monsters.

Pada tahun 1999, menyusul kesuksesan anime Pokemon yang diluncurkan Nintendo, maka Bandai bersama dengan Toei Animations Japan membuat anime serial pertama Digimon, yaitu Digimon World. Berkisah tentang 8 Digi-destined Children yang terdampar ke dunia digital dan mendapat partner seorang Digimon lalu bertualang bersama. Cerita Digimon World ini merupakan cerita terpanjang dari keempat serialnya, dan memiliki alur cerita paling memusingkan sekaligus paling menarik. Berbeda dengan Pokemon, seorang Digi-destined hanya mendapat satu Digimon, namun Digimon ini dapat berubah secara bertahap dan kembali lagi ke bentuk semula. Bandai juga merilis game Digimon World. Game Digimon World yang dirilis untuk PSone ini meskipun agak lain dengan versi animenya namun tetap menjadi debut pada masa itu. Sejak dirilisnya Digimon World, mulailah muncul istilah Digimon Tamer untuk seorang pemilik Digimon dan Digivice, yaitu istilah untuk virtual pet device-nya Digimon. Pada masa debut ini, dirilislah Digivice USA Version 1 dan 2.

Awal tahun 2000, saat Bandai menunggu saat yang tepat untuk merilis Digimon Zero Two, sekuel dari Digimon World, maka Bandai meluncurkan Digimon World The Movie, yang berkisah tentang perjuangan Tai bersama Wargreymon untuk melawan Diaboromon. Di dalam film inilah pertama sekali diceritakan asal bagaimana perjuangan Tai dan teman-temannya. Jadi film ini semacam flashback untuk Digimon World. Namun, ada beberapa hal baru, pada paruh kedua film ini, kejadian dimulai dari 3 tahun sesudah serial Digimon World, yang berarti pada tahun dimulainya Digimon Zero Two. Berkisah tentang perjuangan Tai dan Izzy saat teman-teman lama mereka sedang tidak ada. Pada film inilah diceritakan bahwa Tai berpacaran dengan Sora, yang tidak ada di versi anime, Mimi sekolah di Amerika, Matt membentuk sebuah band, Joe yang sekolah kedokteran, dan pembentukan Omnimon, yang juga tidak ada di anime. Belum puas dengan semua itu, di film ini diselipkan debut Digimon Tamers, dimana menceritakan asal-usul Cocomon (kalau tidak ingat, itu lho, Digimon yang dimiliki adiknya Lee), dan debut Rapidmon dan Cherubimon (atau lebih tepat, Digimon mirip Cherubimon) pada serial ini.

Tahun 2000, dirilislah sekuel Digimon World, yaitu Digimon Zero Two. Serial ini masih memiliki hubungan dengan serial sebelumnya, dimana berlangsung 3 tahun setelah Digimon World. Berkisah tentang petualangan 5 Digi-destined Children (dua diantaranya yaitu T.K dan Kari dari serial pertama) di dunia digital untuk melawan Digimon Emperor. Namun jalan cerita berbalik arah. Digimon Emperor ternyata malah salah seorang Digi-destined juga. Lalu bergabung dengan dia, mereka berpetualang kembali bersama-sama. Perbedaan yang mencolok pada serial ini adalah dimasukkannya Joint Progress (JoGress), yaitu penggabungan dua Digimon. Selain itu juga dimasukkan tentang perasaan suka terhadap Digi-destined lainnya. Pada serial ini diterapkan Armor Digivolve, yaitu perubahan Digimon dengan menggunakan armor, perubahan armor ini berada antara level Rookie dan Champion. Namun, seperti season pertama, tetap saja tokoh utama anime ini (Davis dan Ken) dinomorsatukan dengan memberikan atribut Digivolve sampai ke level Mega. Dengan munculnya anime Digimon Zero Two, maka Bandai merilis digivice baru, yaitu D-3 Digivice Version 1, 2, dan 3. Dan Bandai juga merilis D-Gather, yaitu semacam gabungan organizer Digimon dengan Digivice. Selain itu, game Digimon World 2 yang beredar dipasaran sangat menarik meskipun agak lari dari animenya. Pada masa itu, Digimon Zero Two telah menanamkan konsep penggabungan dua Digimon dan Armor-Digivolve yang nantinya akan digunakan pada serial berikutnya.

Tahun 2001, Bandai merilis Digimon season ketiga, Digimon Tamers. Serial ini tidak ada sangkut-pautnya dengan kedua serial sebelumnya, kecuali pada Digimon World The Movie. Menceritakan tentang 3 Digimon Tamers (yang utama, nanti akan bertambah menjadi 6 orang) yang berjuang di dunia nyata untuk melawan semua musuh yang datang dari dunia digital. Akhirnya mereka semua harus masuk ke dunia digital untuk melawan penyebabnya. Berbeda dengan serial sebelumnya, tidak ada karakter yang dinomorsatukan. Masing-masing dapat berubah ke level Mega. Penggabungan Tamer dengan Digimonnya akan menghasilkan Digimon yang lebih kuat. Pada serial ini diterapkan sistem Card Slash, dimana sebuah kartu dapat membantu atribut Digimon. Alur cerita Digimon Tamers ini sangatlah rumit dan kompleks, berbeda dengan serial sebelumnya, sehingga sebenarnya lebih cocok untuk kategori umur di atas 10 tahun. Dengan munculnya Digimon Tamers ini, Bandai merilis digivice D-Power Version 1, 2, dan 3 bersamaan dengan Card Pack-nya. Game Digimon World 3 yang beredar di pasaran memiliki grafik yang baik dan memberikan sebuah Digimon dari season keempat, namun sangat mengecewakan bahwa enemy encounter rate-nya sangat tinggi, sehingga mengesalkan pemainnya. Pada masa itu, Digimon Tamers menanamkan konsep penggabungan manusia dengan Digimon, konsep ini digabungkan dengan konsep sebelumnya menghasilkan season keempat.

Tahun 2002, Digimon season keempat keluar dengan judul Digimon Frontiers. Menceritakan tentang petualangan Takuya dan teman-temannya di dunia digital untuk menyelamatkannya dari Cherubimon. Menggabungkan konsep Armor-Digivolve dan penggabungan manusia dengan Digimon, maka Digimon Frontiers memberikan sistem Spirit Digivolve, dimana para Digi-destined Children dapat berubah menjadi Digimon dengan menggunakan Spirit pejuang dalam legenda (yang mengacu pada Digimon World dan Digimon Zero Two). Unsur cerita yang sangat menarik ini dibumbui dengan kisah percintaan J.P-Zoe-Takuya, masalah kekanak-kanakan Tommy dan tekanan batin Koji-Koichi ini merupakan serial Digimon terbaik (menurut saya), dan cocok juga untuk remaja dan anak-anak. Dengan adanya Digimon Frontiers, maka Bandai merilis digivice D-Tector Version 1 dan 2 yang dilengkapi dengan fitur Gesture Scan dan Card Input yang berarti Bandai juga merilis Card Pack-nya. Game Digimon World 4 direncanakan keluar akhir tahun ini dalam format PS2, dan menjanjikan perbaikan dari prekuel gamenya.

Digimon season kelima yang rencananya akan dikeluarkan pada tahun 2005 akan dibuat dalam bentuk 3D, dan diberi judul Digimon X-Evolution.

Salah satu unsur paling menarik dalam seluruh season Digimon ini adalah bahwa mereka selalu menggunakan unsur-unsur terpenting yang terdapat dalam diri seseorang, yang pada Digimon Zero Two menjadi salah satu simbol utama dan andalan dari serial Digimon selanjutnya, yaitu: Courage (Keberanian), Friendship (Persahabatan), Love (Kasih), Sincerity (Kejujuran), Knowledge (Pengetahuan), Reliability (Ketergantungan/Dapat diandalkan), Light (Cahaya), Hope (Harapan) dan Darkness (Kegelapan).