Variasi Helm yang Ciamik

05 Desember 2010

Helm merupakan elemen penting dalam keselamatan bermotor. Dengan menggunakan helm dapat mengurangi bising dari angin yg didengar telinga, mengurangi hembusan keras angin ke muka dan mata, dan memberikan kontribusi kenyamanan saat kondisi cuaca yg berubah.Saat ini banyak sekali variasi helm yang di pasarkan. Apa saja diantaranya? Dan apa kelebihan helm jenis tersebut?






1. Helm reevu.

Helm Reevu MSX1 adalah helm pertama di dunia yang dilengkapi dengan sistem tampilan belakang yang terintegrasi. Sistem cermin ganda yang terbuat dari material polycarbonate yang bersifat memantul ini dapat membantu pengendara untuk melihat apa yang berada di belakangnya tanpa bersusah payah menoleh ke belakang. Tapi, ini bukan berarti melupakan penggunaan kaca spion. Dengan kelebihannya tersebut, helm ini pada dasarnya didesain untuk membantu mengurangi tingkat kecelakaan, bukan menggantikan fungsi si kaca spion.





2. INK Spy Hacker

Hacker mengusung teknologi Integrated Prism Mirror System yang berfungsi layaknya kaca spion, mirip dengan Helm Reevu MSX 1. Helm yang di produksi oleh PT. Tarakusuma Indah ini merupakan helm berteknologi pertama di Asia Tenggara yang ditujukan sebagai penunjang kenyamanan dalam berkendara. Sekedar info, Tarakusuma adalah produsen helm yang memiliki empat pabrik di Indonesia dengan market share di pasar domestik sekitar 50%. Helm yang pada ajang Jakarta Motorcycle Show (JMS) 2010 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan kemarin ini dibanderol dengan harga Rp 850.000. Selain itu juga ada INK Mirage dan KYT Yaris. INK Mirage adalah helm Fullface dengan teknologi Integrated Modullar Doble Visor yang memantu penglihatan pengendara, terutama saat matahari bersinar terik. Sedangkan KYT Yaris didedikasikan para kaum hawa. Hal ini dapat dipastikan dengan adanya “ruang tambahan” pada bagian batok helm agar para wanita brambut panjang ataupun bagi mereka yan berjilbab dapat lebuh nyaman dalam menggunakan helm.





3. Helm Gladiator

Helm Gladiator adalah helm berbahan lembut yang terbuat dari microfiber atau lebih dikenal dengan baby skin. Helm bersegmen Middle class ini diluncurkan pada ajang JMS 2010. Helm half face keluaran Trijaya Motor Accessories (agen pemasar tunggal NHK) ini memiliki dua bagian penutup wajah yaitu, bagian mika berwarna gelap untuk menutupi bagian mata di kala siang hari dan bagian mika bening yang menutupi bagian wajah yang berada di luar seperti helm pada umumnya. Produk ini di banderol Rp 330.000 per unitnya, namun sayang jumlahnya terbatas. Helm tersedia dalam lima warna pilihan, yakni merah, hitam, putih, biru, dan pink.