Cara mengirit konsumsi BBM pada motor

03 Desember 2010

1.Cek tekanan ban




Apabila tekanan angin kurang dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.



2.Aturlah jarak main rem



Jangan telalu rapat, karena dikhawatirkan kampas rem jd menempel.

Apabila rem sampai menempel, tentu akan bikin lari motor jadi berat. Sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor. Aturlahr jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan.



3.Pelumas



Daya lumas oli yg baik, mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal. Sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat pengantian oli yang rutin dan tak melebihi batas servis yang dianjurkan (tiap 2.000-2.500KM),akan membuat performa mesin selalu segar dan putarannya menjadi lancar.



4.Setel Klep



Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. Pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat.Efeknya, BBM banyak terpakai. Untuk itu, kerenggangan komponen ini harus disetel tepat. sesuai spesifikasi motor masing.



5.Setel kopling



Jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Hal ini bikin kopling mudah selip saat gas dipelintir. Lari motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik.Bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.



6.Busi



Umur kerja busi,efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dr itu, performa busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar juga menurun.Alhasil pemakaian BBM menjadi boros.Sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna. Tenaga mesin pun loyo. Bila umur busi masih efektif, rajin – rajinlah dibersihkan saat servis rutin. Sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg dianjurkan.



7.Servis/setel karburator



Dianjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. Sehingga selalu didapap efek pengabutan bahan bakar yg sempurna. Selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup udara atau pilot air screw jg sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin.bila dilakukan tepat,dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk, dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.



8.Menaikan kompresi



Ini langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah.jd saat berakselerasi awal, rider tidak perlu buka gas terlalu dalam, bensin pun irit. Tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head. Melainkan cukup mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone berdome tinggi.



9.Upgrade sistem pendinginan



Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. Makanya, akali dengan memasang oil cooler. Untuk motor penganut sistem pendingin cair seperti honda vario,CBR 150, kawasaki ninja dan lainnya, bila ingin sihu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet, bisa menambahkan kipas pendingin.



10.Upgrade mesin



Ditujukan buat motor berjam terbang tinggi, sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yg aus. Misal ring piston lemah,clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya.Cukup mengembalikan kepresisian komponen - komponen itu jadi normal lagi. Maka selain tenaga mesin meningkat, pemakaian BBM juga lebih irit.



11.Gunakan fuel saver



Tidak salah, jika mau aplikasi part - part pengirit bensin seperti

-power FX

-femax

-ring bensin

-dan sebagainya

sebab berdasarkan hasil riset, part- part itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.



12.Upgrade pengapian



Busi berperan penting bagi tenaga mesin.nah,ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya. Contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing. Langkah ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.



13.CDI Racing



Mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin, lewat mengatur ulang timing pengapian. Umumnya dibuat lebih maju dari timing standartnya. Paling mudah, ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing. Dari hasil test, penerapan langkah ini terbukti mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15% lo.



14.Ringankan beban motor



Motor yg berat membuat lari ikut berat. Pengendara jadi sering memilintir gas dalam – dalam saat mau berakselerasi cepat. Jadi sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yang dapat membuat bobot motor bertambah.gunakan variasi yang berbobot enteng/ringan. Misalnya pelek alumunium, swing arm dan sebagainya.



15.Cara berkendara



Semua cara mengirit BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yg benar. Kalau Anda suka mengebut,sering memblayer gas saat motor berhenti, sering main selip kopling dan sebagainya. Sebaiknya, Jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yang pas, dijamin konsumsi BBM Anda akan jauh lebih irit.









Sumber : Tabloid otomotif