Setelah sesi uji coba, barulah Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI)
menjelaskan perubahan sepeda motor bebek yang hadir pertama kali pada
2005.
Menurut Mohamad Abidin, Manager Technical Support Service Division,
perubahannya mulai dari tampilan wajah, fairing, bodi, transmisi sampai
mesin.
Dapur pacunya mengalami perubahan dengan basis Yamaha Vixion namun
masih menggunakan karburator. Transmisi pada versi kopling menjadi 5-speed
sebelumnya hanya 4-speed. Sedangkan versi non-kopling masih tetap
menggunakan 4-speed. Tenaga dan torsinya juga menjadi lebih besar dari
pendahulunya. Yamaha juga membedakan besaran torsi dan tenaga antara MX
kopling dan MX non-kopling tangan.
MX tetap mengusung teknologi DiAsil Cylinder yang berguna untuk
menjaga kondisi mesin tetap stabil saat dikendarai dan daya tahan yang
kuat dari gesekan (aus).
Sedangkan wajahnya memiliki desain baru mulai dari lampu depan dan
belakang. Fairing body dengan model baru yang lebih sportif. Sentuhan
baru juga pada muffler.
Sepeda motor ini secara resmi akan diluncurkan pada Minggu mendatang
(28/11) bersamaan dengan Yamaha Cup Race 2010 seri terakhir di
Kemayoran, Jakarta. [dp/Wyu]
Yamaha Jupiter MX 2011 (non-kopling)
Tipe Mesin SOHC, Berpendingin Cair
Kapasitas 134,4 cc
Tenaga 12,14 hp/8.500 rpm
Torsi 11,79 Nm/6.000 rpm
Transmisi 4-Speed
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monocross
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Yamaha Jupiter MX 2011 (kopling)
Tipe Mesin SOHC, Berpendingin Cair
Kapasitas 134,4 cc
Tenaga 12,52 hp/8.500 rpm
Torsi 12,14 Nm/6.000 rpm
Transmisi 5-Speed
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monocross
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram